BBPOM DI MATARAM LAKUKAN INTENSIFIKASI PENGAWASAN JAJANAN CHIKI NGEBUL
9 Januari 2023 16:20
Berita Aktual

Mataram – Akhir-akhir ini beredar jajanan yang dikenal dengan nama chikibul / smoke snack / dragon breath, yang merupakan pangan olahan siap saji golongan pangan ekstrudat yang dituangkan/dicelup Nitrogen cair/Liquid Nitrogen (LN2).  Penggunaan LN2 untuk mendinginkan pangan secara cepat serta menghasilkan efek dingin dan berasap.

Merujuk pada Peraturan Badan POM No. 20 tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Badan POM No. 28 tahun 2019 Tentang Bahan Penolong Dalam Pengolahan Pangan, LN2 diizinkan sebagai bahan penolong golongan bahan pendingin dan pembeku. Penggunaannya pada proses pembuatan pangan harus sesedikit mungkin untuk mencapai fungsi teknologi pendinginan dan harus ada upaya menghilangkan residu LN2 pada produk akhir. Penyalahgunaan LN2 pada Pangan Olahan Siap Saji menyebabkan terjadinya kasus kesakitan (foodborne disease) pada anak di beberapa daerah al. Ponorogo, Tasikmalaya, dan Bekasi.

Menindaklanjuti hal tersebut, untuk mencegah hal serupa tidak terjadi di NTB,  BBPOM di Mataram melakukan intensifikasi pengawasan Pangan Olahan Siap Saji, dengan hasil ditemukan 1 (satu) pedagang Pangan Olahan Siap Saji yang ditambahkan Nitrogen Cair (LN2) dengan nama stan CIKBUL (Ciki Ngebul) di Kawasan Car Free Day Udayana. Sebagai langkah kehati-hatian, Badan POM sementara waktu tidak merekomendasikan penggunaan LN2 pada Pangan Olahan Siap Saji  sampai terbitnya pedoman mitigasi risiko penggunaan LN2. Selain pengawasan pada pedagang jajanan, berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dilakukan penelusuran ke distributor Nitrogen agar tidak menyalurkan nitrogen cair ke perorangan untuk tujuan penggunaan pada Pangan Olahan Siap Saji

Penyalahgunaan LN2 pada Pangan Olahan Siap Saji dapat menimbulkan bahaya kesehatan antara lain, bahaya fisik (frostbite) ketika kontak dengan permukaan kulit dan saluran pencernaan, asfiksia/sesak nafas, timbulnya gas dengan tekanan tinggi ketika tertelan, serta adanya cemaran pada LN2 non food grade. (MR-Pem)

BBPOM di Mataram