Tingkatkan Pemahaman Komunitas Sekolah tentang Keamanan Pangan, BBPOM di Mataram Gelar Sosialisasi Keamanan Pangan Sekolah di Kabupaten Sumbawa

22-02-2024 Umum Dilihat 144 kali

Sumbawa Besar, 20/02/2024 – Keamanan Pangan untuk komunitas sekolah adalah hal yang mutlak untuk dijaga dan dikawal pelaksanaannya, karena hal ini sangat berkaitan dengan upaya mempersiapkan generasi penerus bangsa Indonesia yang sehat sehingga mampu berkontribusi maksimal untuk kemajuan bangsa. Untuk hal itu, Balai Besar POM di Mataram menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Keamanan Pangan Sekolah di Kabupaten Sumbawa. Kegiatan ini dihadiri oleh 9 peserta yang terdiri dari perwakilan Pengawas dari Kantor Cabang Dikbud Sumbawa, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Sumbawa, Kantor Perwakilan Kemenag Kab. Sumbawa, serta 31 perwakilan guru dan siswa dari 12 sekolah tingkat dasar dan menengah di Kabupaten Sumbawa.

Keamanan dan mutu produk pangan yang beredar di lingkungan sekolah ditentukan oleh kebijakan sekolah, tingkat pengetahuan dan kepedulian penyedia PJAS yang ada di sekitar lingkungan sekolah serta pengawasan dan pembinaan aktif OPD terkait. Sedangkan keamanan dan mutu produk pangan yang beredar di luar lingkungan sekolah, sangat penting adanya kemandirian dari anak usia sekolah dalam mengawasi diri sendiri dari peredaran pangan yang tidak aman. Oleh karena itu penting adanya kemandirian sekolah dalam penerapan prinsip keamanan pangan yang berdampak tidak hanya untuk lingkungan sekolah tapi juga di luar sekolah.

 

Materi yang diberikan oleh para narasumber dari BBPOM di Mataram pada kegiatan ini antara lain: memilih pangan aman dan pengenalan bahaya keamanan pangan, tips konsumsi pangan dengan CEK KLIK, memperhatikan ING, mengenal dan mencegah stunting serta materi tambahan yaitu bahaya rokok dan peduli Obat aman,. Tidak hanya mendengarkan materi, peserta juga antusias bertanya, saling berdiskusi dan mencoba untuk mempraktekkan bagaimana caranya mengecek Izin Edar Obat dan Makanan menggunakan aplikasi BPOM Mobile.

Kepala Balai Besar POM di Mataram yang dalam kesempatan ini diwakilkan oleh Ketua Tim Informasi dan Komunikasi, Dra. Winartutik, Apt. menyampaikan bahwa salah satu elemen penting dalam kemandirian sekolah adalah partisipasi aktif dari komunitas sekolah, sehingga dapat berpartisipasi aktif dalam mewujudkan program Keamanan Pangan di Sekolah. Dengan dilaksanakannya sosialisasi ini, komunitas sekolah diharapkan menjadi sadar, paham, dan dapat menjadi penggerak dalam implementasi Keamanan Pangan di Sekolah, sehingga mendorong kemandirian sekolah untuk melakukan pengawasan keamanan pangan dan penyebaran pesan keamanan pangan pada komunitas sekolah.

Sarana